Berdasarkan keputusan Tim Reviewer Aksara Cita Inovasi Kementerian Sekretariat Negara Tahun 2019, dengan hormat kami umumkan nama-nama penulis abstrak yang dinyatakan lolos dan berhak mengikuti tahapan penyusunan esai.
No. |
Nama, NIP |
Jabatan |
Tema Kemensetneg's Future Office 4.0 |
||
1 |
Arief Karfianto, S.ST., M.M., MICTAdv. 198705152006041003 |
Kepala Subbagian Pengelolaan Infrastruktur Teknologi Informasi, Sekretariat Kantor Staf Presiden |
2 |
Bernard Bonnik Manoe, S.E., MBA. 198112102008011010 |
Kepala Subbagian Keuangan, Moneter, dan Fiskal, Bagian Perekonomian, Biro Data dan Informasi, Sekretariat Dewan Pertimbangan Presiden |
3 |
Chandra Agung K., S.T., M.T. 197204032005011001 |
Kepala Bagian Peliputan dan Dokumentasi, Biro Pers, Media, dan Informasi, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden |
4 |
Dede Sovrobel, A.Md. 199206272015031001 |
Pengolah Data Intelijen pada Subbagian Kepangkatan dan Jabatan, Bagian Pengangkatan dan Pemberhentian TNI dan Polri, Biro Personel TNI dan Polri, Sekretariat Militer Presiden |
5 |
Garibaldi Syarief, S.H. 198503152008011001 |
Kepala Subbidang Penerimaan Negara Bukan Pajak dan Anggaran Negara, Bidang Moneter dan Jasa Keuangan, Asisten Deputi Bidang Perekonomian, Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan Kementerian Sekretariat Negara |
6 |
Heru Martin Saputra, S.Kom., M.T.I. 198103052006041006 |
Kepala Subbagian Pengumpulan dan Pengolahan Data Pejabat Negara, Bagian Informasi Pejabat Negara, Biro Administrasi Pejabat Negara, Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara |
7 |
M. Arfan Sahib Sali K., S.E., M.F.M. 197303281998031003 |
Kepala Biro Data dan Informasi, Sekretariat Dewan Pertimbangan Presiden |
8 |
Temy Pratiwi, S.H. 199209302015032001 |
Analis Sumber Daya Manusia Aparatur pada Subbagian Pengembangan Kompetensi Pegawai, Bagian Kepegawaian, Biro Tata Usaha, Teknologi Informasi, dan Kepegawaian, Deputi Bidang Administrasi, Sekretariat Wakil Presiden |
9 |
Yusri Syahrul Mujib, S.Kom., M.T.I. 198306122009011003 |
Pranata Komputer Muda pada Bagian Aplikasi Sistem Informasi, Biro Informasi dan Teknologi, Sekretariat Kementerian Sekretariat Negara |
Tema Kemensetneg's Digital Transformation |
||
10 |
Akhmad Firmannamal, S.Sos., M.Commun. 198209062008011010 |
Pegawai pada Biro Sumber Daya Manusia, Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara |
11 |
Albertus Magnus Adiyarto Sumardjono, S.E., M.Hum. 197105252002121001 |
Kepala Biro Umum, Biro Umum, Sekretariat Dewan Pertimbangan Presiden |
12 |
Audrey Ikhsan Mayleana, A.Md. 199605092019022001 |
Teknisi Rancang Bangun pada Subbagian Bangunan, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Sekretariat Presiden |
13 |
Bayu Panji Pangestu, S.H. 199312232018011001 |
Analis Peraturan Perundang-Undangan dan Rancangan Peraturan Perundang-Undangan pada Subbidang Agama dan Pendidikan, Bidang Agama, Pendidikan, Riset, dan Teknologi, Asisten Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan Kementerian Sekretariat Negara |
14 |
Benna Anggriawan, S.T. 199205102019021001 |
Analis Data dan Informasi pada Subbagian Pengolahan dan Penyajian Data, Bagian Administrasi Umum, Biro Administrasi Pejabat Pemerintahan, Deputi Bidang Administrasi Aparatur |
15 |
Didy Nurchahyo, S.Kom. 198308272006041005 |
Pranata Komputer Ahli Muda pada Bagian Data dan Informasi, Biro Pers, Media, dan Informasi, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden |
16 |
Drajat Jiwandono, S.Tr.MP. 199210302014121001 |
Analis Data dan Informasi pada Subbagian Pengelolaan Data dan Informasi, Bagian Pengelolaan Informasi dan Komunikasi, Sekretariat Kantor Staf Presiden |
17 |
drg. Erry Hermawan, S.E., M.E. 197505012002121002 |
Kepala Bagian Program dan Anggaran II, Biro Perencanaan, Sekretariat Kementerian Sekretariat Negara |
18 |
Fadjar Djoko Santoso, S.IKom., M.C.G.M.Com. 198411302008011004 |
Kepala Subbagian Peliputan Audio Visual, Bagian Peliputan dan Dokumentasi, Biro Pers, Media, dan Informasi, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden |
19 |
Galih Reksa Lingga Respati, S.S.T.TP 199109292014121001 |
Analis Sistem Informasi pada Subbagian Pengelolaan Infrastruktur Teknologi Informasi, Bagian Pengelolaan Informasi dan Komunikasi, Sekretariat Kantor Staf Presiden |
20 |
Irma, S.T. 198510192010122004 |
Analis Tata Usaha pada Subbagian Perlengkapan, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Sekretariat Presiden |
21 |
Kufner Ferdinan, S.H. 198903122014021002 |
Analis Tata Usaha pada Subbagian Tata Usaha Sekretaris Kementerian, Bagian Protokol dan Tata Usaha Pimpinan, Biro Tata Usaha, Sekretariat Kementerian Sekretariat Negara |
22 |
Marini Sarrizki, S.Pi 198102262005012009 |
Kepala Subbidang Kelautan, Bidang Kelautan dan Perikanan, Asisten Deputi Ketahanan Pangan dan Sumber Daya Hayati, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi, Infrastruktur, dan Kemaritiman, Sekretariat Wakil Presiden |
23 |
Muhamad Muhtar 197808301998031001 |
Arsiparis Mahir pada Istana Kepresidenan Bogor, Sekretariat Presiden |
24 |
Muhammad Adhika Rahmanto, S.H. 199205042019021001 |
Analis Sumber Daya Manusia Aparatur pada Subbagian Mutasi Jabatan, Bagian Mutasi, Biro Sumber Daya Manusia, Deputi Bidang Administrasi Aparatur |
25 |
Nira Nur Waliyarti, S.Kom. 198204202005012001 |
Pranata Komputer Ahli Pertama pada Bagian Teknologi Informasi, Biro Tata Usaha, Teknologi Informasi, dan Kepegawaian, Deputi Bidang Administrasi, Sekretariat Wakil Presiden |
26 |
Reza Satria, S.T., M.S.M. |
PPK GBK |
27 |
Rois Saputro, S.T. 198509212010121003 |
Analis Tata Usaha pada Subbagian Perlengkapan, Istana Kepresidenan Bogor, Sekretariat Presiden |
28 |
Tolil Haryadi |
PPK GBK |
29 |
Yudhi Ardinal, S.IP., MTrainDev. 197906192008011012 |
Pengembang Teknologi Pembelajaran Muda pada Bidang Perencanaan dan Evaluasi, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Sekretariat Negara |
Tema Kemensetneg Membingkai Kebhinekaan dan Prularisme Kebangsaan |
||
30 |
Lionita Mustika |
PPK Kemayoran |
31 |
Nova Heni Susanti, S.Sos. 198011092005012001 |
Arsiparis Ahli Muda pada Istana Kepresidenan Yogyakarta, Sekretariat Presiden |
Tema Kemensetneg Mengawal Knowledge dan Innovation-Driven Economy |
||
32 |
Aldi Yarman, S.E., M.E., PhD. 197804172005011002 |
Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi, Infrastruktur, dan Kemaritiman, Sekretariat Wakil Presiden |
33 |
Eli Handayani, S.IP., M.A. 198308192008012008 |
Kepala Subbagian Tata Usaha, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Sekretariat Presiden |
34 |
Khrisna Dwi Wresnimurti, S.E., M.Acc. 198409042009011002 |
Kepala Subbagian Pembayaran dan Pembukuan, Bagian Dana Operasional dan Bantuan Presiden, Biro Pengelolaan Istana, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana, Sekretariat Presiden |
35 |
R. Ahmad Idham, S.Sos., M.M. 197807282009011004 |
Kepala Subbagian Pangkat, Gaji, dan Pensiun, Bagian Mutasi, Biro Sumber Daya Manusia, Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara |
Bagi peserta yang dinyatakan lolos tahap berikutnya, agar memperhatikan hal-hal berikut dalam penyusunan esai.
A. KETENTUAN PENULISAN ESAI
1. Naskah esai terdiri atas 2.000 – 3.000 kata (tidak termasuk tabel, foto, infografis, atau lampiran lainnya).
2. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia/bahasa Inggris.
3. Naskah diketik di kertas A4, Times New Roman 12, spasi 1, margin kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 3 cm, dan bawah 3 cm.
4. Naskah dibuat dalam format .doc/.docx, dengan ketentuan nama file sebagai berikut:
- - - a. Esai dengan tema Kemensetneg's Future Office 4.0 diberikan nama ESAIACITM1
- - - b. Esai dengan tema Kemensetneg's Digital Transformation diberikan nama ESAIACITM2
- - - c. Esai dengan tema Kemensetneg Membingkai Kebhinekaan dan Prularisme Kebangsaan diberikan nama ESAIACITM3
- - - d. Esai dengan tema Kemensetneg Mengawal Knowledge dan Innovation - Driven Economy diberikan nama ESAIACITM4.
5. Nama tema yang dipilih diketik pada bagian footer.
6. Dalam rangka menjaga objektivitas penilaian, tidak diperkenankan mencantumkan nama penulis pada naskah esai.
7. Judul tulisan bebas, spesifik, jelas, ringkas, dan menggugah rasa untuk membaca.
8. Naskah tulisan mampu memperlihatkan kerangka berpikir yang jelas sesuai abstrak yang telah dikirimkan sebelumnya.
9. Esai sekurang-kurangnya memuat komponen tulisan antara lain latar belakang, permasalahan, relevansi dengan kondisi terkini Kemensetneg, rujukan ide dan referensi best practices, penjelasan tentang alternatif ide yang dipilih, aplikabilitas ide, identifikasi pemangku kepentingan dan sumber daya lainnya, target perubahan, serta langkah kegiatan perubahan yang akan dilakukan.
10. Sumber data untuk penulisan dapat dilakukan melalui wawancara dan observasi lapangan.
11. Sumber pustaka dianjurkan dari buku, jurnal, makalah, dan surat kabar. Sumber pustaka daring (online) bersifat terbatas pada sumber-sumber terpercaya (laman resmi surat kabar, instansi pemerintah/swasta, ejournal, e-book). Sumber pustaka dicantumkan di dalam daftar pustaka.
12. Kutipan atas hasil karya/sumber rujukan/referensi pihak lain harus disampaikan dalam bentuk referensi akurat sesuai standar yang berlaku dan tidak menyalahi ketentuan hak cipta.
13. Setiap karya mencerminkan orisinalitas dan menghindari plagiarisme dengan ketentuan:
- - - a. Tulisan esai merupakan hasil karya asli penulis dan dapat diterima/diakui oleh semua pihak.
- - - b. Sebelum mengunggah esai, setiap peserta melakukan plagiarism self-checking secara daring (online) dan persentase hasil pengecekan diunggah pada PINTAR.
- - - c. Peserta wajib menandatangani Surat Pernyataan Keaslian Karya sesuai format terlampir di atas meterai Rp 6.000 dan hasil scan surat pernyataan dimaksud diunggah pada PINTAR.
- - - d. Panitia akan memberlakukan prinsip zero tolerance bagi tulisan yang terbukti terindikasi mengandung unsur plagiat.
14. Mengunggah pada PINTAR selambat-lambatnya pada tanggal 30 November 2019 pukul 23.59 waktu server PINTAR sesuai dengan tema yang telah ditentukan.
B. KRITERIA BOBOT PENILAIAN
No |
Kriteria Penilaian |
Uraian |
Bobot |
1 |
Kesesuaian tema |
Topik ditulis sesuai dengan tema, dilihat dari rumusan judul dan kesesuaian dengan bahasan/isi tulisan |
10% |
2 |
Gagasan |
|
30% |
3 |
Argumentasi |
|
40% |
4 |
Penulisan |
|
20% |
C. HAK DAN FASILITAS
Selama penyusunan esai, peserta terpilih berhak atas
1. Bebas tugas kedinasan untuk jangka waktu 3 hari, pada tanggal 27 s.d. 29 November 2019.
2. Uang transportasi lokal selama 3 hari.
Dikeluarkan di Jakarta
pada tanggal 20 November 2019
Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan
selaku Ketua Sekretariat Tim Reviewer Aksara Cita Inovasi
Kementerian Sekretariat Negara,
Samidi Fahrudin